Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021

salamdroid.com – Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021, Cara daftar tes CPNS CAT BKN, Jadwal simulasi tes CPNS CAT. Pelaksanaan simulasi tes CAT CPNS adalah gratis tanpa biaya apapun.

Untuk tiap daerah atau instansi jadwal simulasi CAT CPNS bisa berbeda-beda. Oleh sebab itu, ikuti dan pantau terus akun sosmed instansi yang Anda lamar.

Simulasi CAT CPNS, simulasi CAT BKN, contoh soal tes cpns, latihan soal cpns online gratis. Informasi mengenai latihan soal cpns pdf, simulasi tes CPNS CAT adalah, simulasi CPNS.

BKN atau Badan Kepegawaian Negara akan menyediakan latihan simulasi pelaksanaan tes CAT CPNS di setiap masing-masing daerah yang akan melaksanakan tes simulasi tersebut.

Aplikasi CAT BKN adalah sebuah sistem untuk menyeleksi dengan menggunakan komputer sebagai metode tes dalam seleksi sekolah kedinasan, CPNS, dan PPPK.

Syarat Pendaftaran CPNS

Panselnas hingga kini memang belum mengumumkan secara resmi terkait syarat khusus pendaftaran CPNS. Tetapi, ada beberapa syarat umum daftar CPNS yang bisa Anda siapkan sejak sekarang, yakni :

  • Pas foto
  • Swafoto
  • Scan KTP asli
  • Beberapa dokumen pendukung lainnya sesuai dengan yang disyaratkan oleh instansi, sperti sertifikat TOEFL/EAP/ILTS, surat keterangan penyetaraan ijazah, SKCK, dan sebagainya.
  • Ijazah (fotokopi dan scan)
  • Transkrip nilai (fotokopi dan scan)

Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021

Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021

Alamat link simulasi CAT BKN dapat diakses secara online oleh seluruh calon peserta seleksi ASN di portal http://cat.bkn.go.id/simulasi.

Dengan sistem CAT BKN, nantinya nilai hasil ujian bisa langsung kita ketahui sesudah para peserta selesai mengerjakan soal ujian.

Namun, kapasitas layanan ini di beberapa instansi masih sangat terbatas. Ada yang membatasi kuota pendaftar hanya 2.500 peserta dalam sehari.

BKN menjelaskan, apabila calon peserta tidak dapat mendaftar tidak berarti portal CAT BKN sedang error.

Jadi bagi Anda yang ingin mengikuti uji coba simulasi tes soal CAT CPNS BKN ini diwajibkan supaya melakukan pendaftaran dahulu.

Diharapkan dengan adanya simulasi CAT BKN ini, calon peserta yang ingin mendaftar dan mengikuti seleksi ASN dapat mempersiapkan diri dan memahami materi soal CPNS serta sistemnya.

Panduan Pendaftaran Simulasi CAT CPNS terbaru tahun ini.

Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021

Tata Cara Mengikuti Simulasi tes CPNS sistem CAT BKN

  • Calon peserta diwajibkan supaya mendaftar dahulu dan membuka situs cat.bkn.go.id/simulasi, lalu pilih ‘Daftar Gratis’ pada kanan bawah halaman.
  • Akan terbuka jendela baru yang meminta Anda untuk mengisikan beberapa data sebelum melakukan pendaftaran akun di situs tersebut.
  • Data yang diminta tersebut biasanya adalah nama, email, password, dan lainnya.
  • Sesudah mengisi data tersebut, selanjutnya Anda klik Simpan, maka akan muncul konfirmasi email yang menanyakan kebenaran alamat e-mail yang Anda isikan tadi.
  • Apabila sudah benar, silahkan tekan tombol ‘EMAIL SAYA SUDAH BENAR‘.

Berikutnya adalah proses pembuatan akun, sesudah sukses, silahkan Anda untuk login menggunakan e-mail dan password untuk mengikuti simulasi CAT BKN.

Dalam pengertian sederhana, berikut adalah 5 langkah pendaftaran Simulasi CAT BKN.

Cara Daftar Simulasi CAT CPNS

  • Masuk ke laman https://cat.bkn.go.id/simulasi.
  • Input data yang diminta, antara lain nama lengkap, email aktif, password, konfirmasi password, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, serta melakukan verifikasi captcha.
  • Klik Simpan, dan Anda akan mendapatkan konfirmasi pada email yang Anda masukkan.
  • Lakukan konfirmasi dengan klik ‘Email saya sudah benar’.
  • Setelah itu Anda bisa membuat akun, lalu login ke laman tersebut dengan email dan password yang telah dibuat.

Tata cara panduan Pendaftaran Simulasi CAT CPNS tersebut berlaku untuk CASN.

Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021

Update Info CPNS Terbaru Hari ini

Bahwa kebutuhan ASN di tahun ini ada setidaknya mencapai 1.275.384, yaitu untuk PPPK Guru dan P3K non-Guru.

Rincian dari jumlah total formasi tersebut dibagi dalam beberapa jenis, yaitu untuk intansi pemerintah pusat sebanyak 83.669, dan instansi pemerintah daerah 1.191.718 kuota.

“Jumlah tersebut termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK Non Guru 70.008 dan CPNS sebanyak 119.094,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Tjahjo Kumolo, saat konferensi pers, Jumat pagi kemarin.

Seleksi pendaftaran penerimaan ASN tahun ini sudah dimulai dengan dibukanya pendaftaran sekolah kedinasan terlebih dahulu. Jadwal pendaftaran seklah kedinasan sudah berlangsung sejak 9 April-30 April.

Rencananya, sesudah pendaftaran sekolah kedinasan selesai, akan dilanjutkan dengan pembukaan penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), PPPK non-guru, dan CPNS.

Pendaftaran PPPK tahun ini rencananya akan dibuka mulai bulan Mei hingga Juni, sesudah itu penerimaan dan seleksi CPNS.

Soal Tes CPNS Sudah Siap

Saat ini, kisi-kisi dan naskah soal tes CPNS da PPPK sudah diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Alur Pendaftaran Simulasi CAT CPNS milik BKN.

Naskah soal tes CPNS dan PPPK tersebut disusun oleh tim penyusun dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud).

Seluruh naskah soal tes CPNS dan PPPK tersebut akan dipakai dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan calon PPPK tahun ini.

Sesudah naskah soal tes CPNS dan PPPK diserahkan, berikutnya Tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021

Demi menjamin kerahasiaan dan keamanan data soal tes CPNS dan PPPK, maka diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian yang ekstra.

“Kami yakin sejak tahun-tahun sebelumnya kerahasiaan dan keamanan data menjadi kata kunci kita bersama,” ujar Menteri Tjahjo dalam acara Serah Terima Naskah Soal Seleksi CASN, secara virtual.

Agar semua Tim Panselnas bersama pihak yang terkait dengan naskah soal tes CAT CPNS ini dapat bekerja sama dengan KemenPANRB, Kemendikbud, dan BKN supaya bisa mengawal kelancaran dan keamanan semua rangkaian proses seleksi CASN tahun ini.

Kuota Alokasi Formasi CPNS Terbanyak

MenpanRB, Tjahjo Kumolo, mengungkapkan kebutuhan ASN tahun ini sekitar 1.275.384 formasi.

Sedangkan formasi dengan alokasi paling banyak dalam Seleksi CASN Tahun ini untuk pemerintah pusat terdiri dari jabatan penjaga tahanan, dosen, pemeriksa, penyuluh keluarga berencana, dan analis perkara peradilan.

Bahwa Pendaftaran Simulasi CAT CPNS gratis dan tanpa biaya apapun.

Sedangkan formasi paling banyak untuk pemerintah provinsi yakni jabatan guru, yakni guru bimbingan konseling, guru teknologi informasi dan komputer, serta guru matematika. Jabatan tenaga kesehatan, yakni perawat, dokter, dan asisten apoteker.

Sedangkan untuk jabatan teknis antara lain pranata komputer, polisi kehutanan, dan pengawas benih tanaman.

Alokasi untuk pemerintah kota dan kabupaten, terdiri dari jabatan guru, jabatan tenaga kesehatan, dan jabatan teknis.

Untuk jabatan guru antara lain guru kelas, guru pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan, serta guru bimbingan konseling.

Dan jabatan tenaga kesehatan yang paling banyak dibutuhkan adalah perawat, bidan, dan dokter.

Pendaftaran Simulasi CAT CPNS 2021

Sementara, untuk posisi jabatan teknis antara lain penyuluh pertanian, auditor, dan pengelola pengadaan barang/jasa.

Jika mengacu seleksi pendaftaran CPNS sebelumnya, akan ada beberapa alur dan tahapan yang harus dilalui oleh peserta. Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS.

Baca :

Baca :

  • Syarat-syarat menjadi pegawai PPPK Klik informasinya DISINI
  • Download Prediksi Soal Tes SKD SKB CPNS Terlengkap KLIK DISINI
  • Panduan mengerjakan tes dan download soal latihan CPNS CAT BKN KLIK DISINI
  • Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan CPNS BACA DISINI
  • Panduan Cara Pengoperasian Computer Assisted Test CAT KLIK DISINI
  • Dan Panduan PPDB Online SD SMP SMU/SMK Terbaru BACA DISINI

Kunjungi juga YT Chanel dengan klik disini

Demikianlah informasi terbaru terkait Pendaftaran Simulasi CAT CPNS.

Anda dapat berbagi informasi melalui website ini dengan berkomentar yang baik dan benar serta sopan.

Komentar Anda sangat berarti bagi admin dan pengunjung blog yang lainnya untuk menambah informasi yang berkaitan dengan artikel ini.

Tebarkan manfaat dan bagikan informasi ini kepada teman, saudara, serta kerabat Anda. Bagikan dan Share melalui sosmed di Bawah Ini, yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Leave a Reply