Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020

Salamdroid.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah serta Kemendikbud telah menerbitkan Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020.

KSN secara konsisten terus dikembangkan sebagai salah suatu program pembinaan daya olah pikir peserta didik.

Kompetisi Sains Nasional meliputi 9 bidang keilmuan yaitu meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Kompetisi Sains Nasional diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan matematika di dalam pendidikan.

Kegiatan ini juga sesungguhnya ialah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportIf, tekun, kreatIf, tangguh dan cinta tanah air.

Melalui Kompetisi Sains Nasional akan diperoleh siswa-siswi terbaik calon-calon duta bangsa yang akan diikutsertakan dalam Kompetisi Sains Internasional.

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020 dapat dijadikan sebagai acuan bagi panitia untuk mengadakan Kompetisi Sains Nasional.

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020

KSN tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K), Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P), Kompetisi Sains Nasional (KSN), sekolah, guru, siswa.

Dan semua pemangku dalam mengikuti dan melaksanakan seleksi Kompetisi Sains Nasional KSN dengan sebaik-baiknya.

  1. Latar Belakang

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba atau kompetisi baik nasional maupun internasional.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa.

Dengan demikian, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengekplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya.

Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetsi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tngkat internasional.

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020
  1. Tujuan

Tujuan umum penyelenggaraan KSN antara lain sebagai berikut.

  1. Mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul,
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Sedangkan tujuan khusus penyelenggaraan KSN adalah sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,
  2. Menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  3. Menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk kompetisi tingkat internasional.
  4. Tahapan Pelaksanaan
Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020

Pelaksanaan KSN terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut.

  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSNS).
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten.Kota (KSN-K).
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P).
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN).
  5. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan KSN adalah sebagai berikut.

  1. Terselenggaranya seleksi secara berjenjang peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.
  2. Terseleksinya calon peserta Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten/kota (KSN-K) untuk diikutsertakan ke tingkat provinsi (KSN-P).
  3. Terseleksinya pemenang KSN-P untuk diikutsertakan ke tingkat nasional (KSN) dan terseleksinya siswa terbaik dari tingkat nasional yang akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi sains internasional,
  4. Terseleksinya peserta KSN bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  5. Bidang Sains yang dilombakan
Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020

Bidang sains yang dilombakan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional terdiri atas 9 (sembilan) bidang sebagai berikut.

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Informatika
  5. Biologi
  6. Astronomi
  7. Ekonomi
  8. Kebumian
  9. Geografi
  10. Tempat Pelaksanaan Kompetisi Sains Internasional Tahun 2021

Hasil KSN tahun 2020 menjadi pertimbangan dalam proses seleksi siswa yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2021.

Tempat pelaksanaan kompetsi sains internasional tahun 2021 adalah sebagai berikut.

  1. International Mathematical Olympiad (IMO): Washington DC, AS
  2. International Physics Olympiad (IPhO): Belarusia
  3. International Chemistry Olympiad (IChO): Osaka, Jepang
  4. International Olympiad in Informatics (IOI): Mesir
  5. International Biology Olympiad (IBO): Lisboa, Portugal
  6. International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA): Serbia
  7. International Earth Science Olympiad (IESO): Beijing, China
  8. International Geography Olympiad (IGeO): Bandung, Indonesia
  9. International Economics Olympiad (IEO): Qatar
  10. Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanaan Kompetisi Sains dilakukan melalui seleksi secara berjenjang dengan urutan waktu sebagai berikut.

  1. Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)

Sekolah menyeleksi siswa berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan  dan mengajukan peserta Kompetisi sains pada masing-masing bidang sains untuk diseleksi sebagai peserta Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K). Penanggungjawab KSN-S adalah Kepala Sekolah.

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020

I, Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)

Peserta KSN-K adalah siswa kelas IX sampai kelas XI, dan siswa kelas VIII dengan syarat yang telah ditentukan oleh masing-masing bidang sains.

Setiap sekolah berhak mengirimkan siswa terbaik hasil KSN-S dengan jumlah minimum satu peserta tap bidang sains.

Jumlah maksimum peserta per bidang per sekolah diatur dan ditentukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Provinsi. Pelaksanaan KSN-K dilakukan dalam waktu yang bersamaan secara nasional.

Hasil KSN-K dipublikasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Pelaksanaan KSN-K menggunakan soal dan kunci jawaban beserta kriteria Pedoman Penilaian Kompetisi Sains Nasional Tahun 2020.yang disusun oleh Tim Juri.

Penilaian KSN-K dilakukan oleh Tim Juri KSN-K yang dapat melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan perguruan tinggi yang kompeten yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

J, Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)

Jumlah peserta KSN-P maksimal 3 (tiga) siswa per bidang sains tiap sekolah.  Total peserta maksimal per bidang sains setiap provinsi adalah banyaknya kabupaten/kota dikalikan 3 (tiga).

Provinsi yang memiliki kurang dari 205 kabupaten/kota, jumlah peserta maksimal 75 siswa per bidang.

Penyusun soal KSN-P adalah Tim Juri KSN. Penilaian lembar jawaban KSN-P dilakukan oleh Tim Juri KSN.

Pelaksanaan KSN-P dilakukan dalam waktu yang bersamaan secara nasional. Hasil KSN-P dipublikasikan oleh Direktorat Pembinaan SMA. Penanggungjawab pelaksanaan KSN-P adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020
  1. Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Setiap provinsi diwakili minimal 1 (satu) siswa terpilih per bidang. Untuk setiap bidang sains, maksimum peserta setiap provinsi adalah sepuluh persen dari total peserta KSN. Jumlah maksimal peserta tap sekolah yang dikirimkan ke KSN adalah 20 (dua) siswa per bidang.

Penyusun soal KSN adalah Tim Juri KSN. Pelaksanaan KSN dilakukan oleh Panitia Pelaksana yang terdiri atas unsur Kemendikbud dan unsur Pemerintah Daerah tuan rumah KSN.

Pemenang KSN diumumkan ke publik oleh Direktorat Pembinaan SMA. Penanggung jawab KSN adalah Direktur Pembinaan SMA.

  1. Persyaratan Khusus Peserta
  2. Matematika

    Siswa SMP/MTs kelas VIII peraih medali emas KSN SMP bidang matematka, kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

    Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 82.

    Siswa yang pernah mengikut pembinaan tahap ke-1 oleh Direktorat Pembinaan SMA tahun sebelumnya dapat langsung mengikuti KSN-P.

  1. Fisika

    Siswa SMP/MTas kelas IX, SMAaMA kelas X dan XI.

  • Untuk siswa SMP/MTas memiliki nilai IPA, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 82.
  • Untuk siswa SMA/MA memiliki nilai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 82.
  • Belum pernah mengikut pembinaan tahap ke-20 bidang Fisika oleh Direktorat Pembinaan SMA.
  1. Kimia
  •     Siswa SMP/MTas kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.
  •     Memiliki nilai IPA untuk SMP/MTas tidak kurang dari 82.
  •     Memiliki nilai Kimia untuk SMA/MA tidak kurang dari 82.
  •     Memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 82.
  •     Belum pernah mengikut pembinaan tahap 20 bidang Kimia oleh Direktorat SMA.
  •     Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter.
  1. Informatika
  •     Siswa SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.
  •     Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 82.
  •     Mampu mengoperasikan perangkat komputer.
  •     Belum pernah mengikut pembinaan bidang Informatika oleh Direktorat

    Pembinaan SMA.

  1. Biologi
  • Siswa SMP/MTs kelas IX yang telah mendapatkan medali KSN SMP bidang IPA atau medali IJSO, SMA/MA kelas X dan XI.
  • Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tdak kurang dari 82.
  • Memiliki nilai Biologi, Matematka, Kimia dan Bahasa Inggris masingmasing tdak kurang dari 82.
  • Peserta pembinaan oleh Direktorat Pembinaan SMA yang lolos ke pembinaan tahap ke-20 langsung ikut ke KSN-P tahun berikutnya.
  • Siswa hanya diperbolehkan mengikut KSN maksimal sebanyak 20 kali. Pedoman Kompetisi Sains Nasional Tahun 2020.
  1. Astronomi
  •     Siswa SMP/MTs kelas IX dan siswa SMA/MA kelas X dan XI.
  •     Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tdak kurang dari 82.
  •     Memiliki nilai Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 82.
  •     Belum pernah mengikut pembinaan bidang Astronomi oleh Direktorat Pembinaan SMA.
  •     Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter.
  •     Mampu melakukan kegiatan praktik di lapangan.
  •     Mampu mengoperasikan perangkat komputer.
  1. Ekonomi
  • Siswa SMA/MA kelas X dan XI.
  • Memiliki nilai Ekonomi dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 82 pada peminatan ilmu Pengetahuan Sosial.
  • Memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 82 pada kelompok umum.
  • Mampu mengoperasikan perangkat komputer.
  • Siswa yang telah mengikut pembinaan oleh Direktorat Pembinaan SMA diperbolehkan mengikut seleksi mulai dari tngkat kabupaten/kota.
  1. Kebumian
  • Siswa SMP/MTs kelas IX yang pada tahun berjalan KSN bulan Juni/Juli kelas X, SMA/MA kelas X  dan XI.
  • Memiliki nilai IPA atau IPS dan bahasa Inggris untuk SMP/MTs masingmasing tdak kurang dari 82.
  • Memiliki nilai Matematika, Fisika atau Geografi dan Bahasa Inggris
  • masing-masing tidak kurang dari 82.
  • Belum pernah mengikut pembinaan nasional tahap ke-20 bidang Kebumian oleh Direktorat Pembinaan SMA. Bila telah mengikut pembinaan tahap ke-20 dapat langsung mengikuti KSN tahun berikutnya.
  • Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter.
  • Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan.
  1. Geografi
  • Siswa SMP/MTs kelas IX yang telah mendapatkan medali KSN SMP Pedoman Kompetisi Sains Nasional Tahun 2020 bidang IPS, SMA/MA kelas X dan XI.
  • Siswa SMP/MTs yang memiliki nilai IPA, Matematika, IPS dan Bahasa Inggris tdak kurang dari 82.
  • Siswa SMA/MA yang memiliki nilai Matematika, Fisika, Geografi dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 82.
  • Belum pernah mengikuti pembinaan bidang Geografi oleh Direktorat Pembinaan SMA.
  • Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Bebas Buta Warna dari dokter
  • Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan.

Baca Juga Informasi

Pengumuman Juknis PPDB 2020 2021 klik disini

Panduan PPDB Online SD SMP SMA/K 2020 2021 klik disini

Informasi selengkapnya Juknis PPDB SD SMP SMA 2020 2020 Klik Disini

Demikianlah  informasi Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020. Anda dapat berbagi informasi melalui website ini dengan berkomentar yang baik dan benar serta sopan.

Tebarkan manfaat dan bagikan informasi ini kepada teman, saudara, serta kerabat Anda. Bagikan dan Share melalui sosmed di Bawah Ini, yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Leave a Reply