Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Salamdroid.com – Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online. BPJS Ketenagakerjaan merupakan Sebagai Lembaga Negara yang bergerak dalam bidang asuransi.

Dan juga pelaksana jaminan sosial tenaga kerja. BPJS Ketenagakerjaan yang dulu Kita kenal dengan  Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

BPJS Ketenagakerjaan ialah merupakan program publik yang memberikan perlindungan atau proteksi bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu.

 Dan dalam penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial. BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah lebih dikhususkan kepada para tenaga kerja dan semua pegawai, baik itu pegawai sipil maupun swasta.

Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan yang telah diberlakukan sejak 1 Juli 2015 kemarin, maka Anda akan memperoleh banyak keuntungan dan kemudahan.

Seperti untuk melindungi atau memproteksi diri dari risiko-risiko sosial ekonomi dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja sebagai alternatif dari asuransi kesehatan.

Program Jamsostek sendiri yaitu untuk perlindungan pada peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat, hari tua, dan meninggal dunia.

Berdasarkan UU No.3 tahun 1992, Jamsostek memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti bagi pengusaha dan tenaga kerja tentang  Jenis Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

Bagi Anda yang tidak mau repot-repot datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, saat ini telah ada cara mudah untuk mendaftarkan diri yaitu dengan cara atau sistem online ( Berbasis Internet ).

Pendaftaran secara online sendiri memang diadakan agar proses pendaftaran lebih mudah dan juga lebih cepat dilakukan.

Sebelum membahas tata cara pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan secara online ada baiknya Anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu jenis program yang bisa Anda pilih pada BPJS  tersebut..Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program jaminan yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Berikut penjelasan masing-masing program tersebut :

  1. Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Apabila JKK akan melindungi pekerja dari hilangnya penghasilan akibat resiko sosial, maka JHT ini akan membuat para tenaga kerja terjamin karena adanya keamanan dan kepastian terhadap risiko sosial ekonomi.

Selain itu JHT ini bisa digunakan sebagai sarana penjamin penerimaan penghasilan bagi tenaga kerja dan keluarganya akibat dari terjadinya resiko sosial dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja.

  1. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

BPJS Ketenagakerjaan ialah merupakan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Bagi para pekerja, jaminan ini memang penting. Karena dengan ikut program ini para pekerja akan mampu meminimalisir hilangnya penghasilan akibat resiko sosial seperti halnya cacat atau kematian.

Maka dari itu perlu adanya jaminan kecelakaan kerja yang memang bisa memproteksi Anda. Selain kesadaran individu, jaminan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja sebenarnya juga merupakan tanggung jawab pengusaha.

Dalam hal ini para pengusaha wajib untuk membayar iuran jaminan kecelakaan kerja para karyawan nya yang berkisar antara 0,24% – 1,74% sesuai kelompok jenis usaha.

  1. Program Jaminan Kematian (JKM)

BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan jaminan dalam hal meringankan keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaman maupun santunan berupa uang.

Program Jaminan Kematian ini sendiri ditujukan pada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja.

  1. Program Jaminan Pensiun (JP)

Terakhir, program dari BPJS Ketenagakerjaan ialah Jaminan Pensiun (JP). Program ini merupakan jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan layak bagi peserta atau ahli warisnya.

Yaitu dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat atau tidak bisa bekerja lagi, atau bahkan meninggal dunia.

Setelah memahami beberapa program dari BPJS Ketenagakerjaan, hal yang berikutnya perlu Anda ketahui sebelum Anda mendaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Pada BPJS Ketenagakerjaan sendiri ada 4 (empat ) jenis keanggotaan yaitu :

  1. Penerima Upah (PU):

Pekerja Penerima Upah (PU) adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima gaji, upah, atau imbalan lain dari pemberi kerja.

     2. Bukan Penerima Upah (BPU):

Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah setiap pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut.

  1. Jasa Konstruksi:

Jasa Konstruksi ialah orang yang bekerja pada layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi atau layanan konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi.

  1. Pekerja Migran:

Pekerja Migran Indonesia adalah setiap warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Republik Indonesia (luar negeri).

Nah, setelah mengetahui dan memahami  mengenai BPJS Ketenagakerjaan tersebut maka kita bisa melangkah ke tahap selanjutnya yaitu pembahasan mengenai cara pendaftaran BPJS ketenagakerjaan secara online.

Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online Anda harus bisa memenuhi persyaratan yang diajukan yaitu :

  1. Syarat-Syarat Peserta BPJS Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja
  • (a). Fotokopi dan aslinya SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • (b). Fotokopi dan aslinya NPWP Perusahaan
  • (c). Fotokopi dan aslinya Akta Perdagangan Perusahaan
  • (d). Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) masing-masing karyawan,
  • (e). Fotokopi KK (Kartu Keluarga) karyawan/pekerja yang akan di daftar,
  • (f). Pas Foto berwarna Karyawan/pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 Lembar.
  1. Syarat-Syarat Peserta BPJS Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja
  • (a). Surat izin usaha dari RT/RW/Kelurahan setempat
  • (b). Fotokopi KTP Pekerja
  • (c). Fotokopi KK masing-masing Pekerja
  • (d). Pas Foto berwarna masing-masing Pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar
Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Untuk melakukan pendaftaran secara online caranya cukup mudah karena memang pendaftaran Ketenagakerjaan dan Kesehatan secara garis besar tidak berbeda jauh. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan

Disini http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

  • Klik “Daftarkan Saya”,
  • kemudian pilih dari 3 pilihan (perusahaan, individu atau pekerja migran)
  • Bila perusahaan yang dipilih, maka masukan email perusahaan atau perwakilan wadah kelompok Anda untuk mendaftar.
  • Selanjutnya tunggulah email balasan pemberitahuan nya dan ikuti setiap tahapan selanjutnya.

Setelah semua sudah lengkap, kemudian tinggal membawa persyaratan yang telah disiapkan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di kota Anda.Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Demikianlah informasi yang dapat Admin bagikan yang terkait dengan pembahasan Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online.

Baca Juga

Daftar Faskes BPJS Kesehatan Kabupaten Karanganyar

Daftar Faskes BPJS Kesehatan Kabupaten Jepara

Mohon Informasi ini di bagikan kepada teman teman yang lainnya juga, yang akan mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan secara online. Agar teman-teman Anda tidak ketinggalan informasi dan tidak bingung untuk mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga

Daftar Faskes BPJS Kesehatan Kabupaten Sukoharjo

Daftar Alamat BPJS Kesehatan Kota Surakarta

Bagikan atau share artikel ini pada sosial media yang Anda miliki, serta tinggalkan Komentar anda bila ada pertanyaan dan saran pada kolom komentar.

Karena komentar yang Anda berikan dalam kolom tersebut sangat berarti bagi Admin dan pengunjung blog yang lainya.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *