Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline

Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline

salamdroid.com – Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline. BPJS Kesehatan ialah sarana untuk berobat bagi para peserta JKN-KIS.

BPJS Kesehatan terdiri dari peserta BPJS kesehatan mandiri, peserta karyawan, jamkesmas dan pemegang KIS atau Kartu Indonesia Sehat di seluruh indonesia.

Fasilitas kesehatan ini antara lain rumah sakit, klinik, apotek, optik dokter praktek pribadi, dokter gigi, puskesmas dan faskes lainnya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan .

Oleh karena itu bagi peserta JKN – KIS yang akan berobat di fasilitas kesehatan tersebut maka biaya sepenuhnya di tanggung oleh BPJS Kesehatan sesuai kelas terdaftar alamatnya.

Anggota atau Peserta JKN – KIS hanya bisa dilayani dimana peserta tersebut telah mendaftar alamat di Faskes Tingkat 1. Kecuali dengan alasan tertentu sesuai aturan BPJS Kesehatan yang telah di tetapkan.

Apabila Anda belum terdaftar sebagai peserta JKN – KIS BPJS Kesehatan segeralah  melakukan pendaftaran. Karena mengingat betapa pentingnya fasilitas kesehatan ini.

Maka dari itu admin akan menginformasikan mengenai Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline.Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline

Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline

Calon peserta yang akan mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan harus menyiapkan berkas-berkas yang meliputi :

  • fotokopi KK 1 lembar,
  • fotokopi KTP 1 lembar,
  • pasfoto 3×4 1 lembar,
  • iuran bulan pertama sesuai dengan pilihan calon peserta.
  • Besarnya iuran untuk kelas 1 sebesar Rp80.000,00, kelas 2 sebesar Rp51.000,00, dan kelas 3 sebesar Rp25.500,00.
  • Setelah semua berkas yang terkumpul, datanglah ke kantor BPJS Kesehatan setempat di kantor cabang wilayah anda.
  • Pendaftaran bisa dilakukan kolektif satu keluarga atau berbarengan dengan warga lain yang ada di desa atau kota berdasarkan dengan kartu keluarga.
  • Setelah tiba di kantor BPJS Kesehatan, Anda akan segera diberi formulir BPJS Kesehatan yang sesuai. Setelah menerima formulir BPJS Kesehatan, segeralah isi semua kolom yang diminta.
  • Kalau ada beberapa bagian yang membingungkan segera minta bantuan petugas. Kesalahan-kesalahan yang terjadi saat pendaftaran akan berakibat fatal di kemudian hari.
  • Jadi pastikan dalam pengisian, Anda tuliskan harus benar baru memulai pendaftaran.
  • Apabila semua kolom sudah terisi dengan tepatdan benar, segera serahkan formulir BPJS yang sudah dilampiri berkas dan pasfoto kepada petugas.
  • Kemudian mereka akan melakukan pengecekan lagi dan setelah semuanya selesai Anda akan diberi virtual account.
  • Virtual account akan digunakan untuk pembayaran di bank yang telah melakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Bank-bank itu terdiri dari Mandiri, BRI, dan BNI.
  • Setelah pembayaran sesuai kelas Anda lakukan, simpan buktinya untuk diserahkan lagi ke kantor BPJS Kesehatan.
  • Bukti transfer ini digunakan untuk mencetak kartu JKN yang menandakan Anda sudah resmi menjadi peserta BPJS Kesehatan.Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline
Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline

Demikian Pembahasan mengenai Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline. Info ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan data di web resmi BPJS Kesehatan.

Bagikan atau share artikel Ini pada sosial media yang anda miliki, serta tinggalkan komentar anda bila ada pertanyaan dan saran pada kolom komentar.

Website resmi : https://bpjs-kesehatan.go.idCara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline

Baca juga

Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online

Daftar Alamat BPJS Kesehatan Kota Depok

Baca Juga

Daftar Alamat BPJS Kesehatan Kabupaten Bekasi

Daftar Alamat BPJS Kesehatan Kota Bekasi

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply